Penyuluhan Kenakalan Remaja di SMAN 3 Takalar KKPH Angkatan XXVI FH UMI

21 Feb

60
Written by Super User

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sebagai salah satu program KKPH (Kuliah Kerja Profesi Hukum) Angkatan ke XXVI FH UMI mengadakan penyuluhan hukum dengan tema “Mengatasi Kenakalan Remaja, Menyelamatkan Genal”. Acara ini dilaksanakan Mahasiswa KKPH Angkatan- XXVI bersama dengan Pengadilan Negeri Takalar dan Polres Takalar pada kamis (14/02) di SMA Negeri 3 Takalar, dengan pembicara Dr.Amirul Faqih Amza, S.H, M.H (Hakim PN Takalar) dan AKP Agus Triputranta, S.H (Kasat Reserse Narkoba).

Indonesia merupakan negera ke-4 dengan penduduk terbanyak di Asia setelah Cina dan India, dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta penduduk yang mana 90% adalah anak usia 10-24 tahun, yang bisa dikatakan adalah usia yang rentan melakukan penyimpangan moral (kenakalan remaja). Kenakalan Remaja merupakan masalah serius yang harus di perhatikan karena jika tidak dirawat dengan baik ini akan menjadi masalah besar bagi kelangsungan hidup generasi bangsa ini.

Saat ini angka kenakalan remaja semakin meningkat drastis, dimulai dari penyalahgunaan narkoba, tawuran, pencurian ataupun kekerasan dan lain sebagainya, Mahasisswa KKPH UMI Angkatan ke-XVII ini dilakukan sebagai bentuk menjalankan    program penyuluhan ini guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang hukum bagi remaja yang hingga saat ini sangat memprihatinkan untuk generasi harapan bangsa ini.

Semoga dengan terselenggaranya penyuluhan hukum, kedepan bisa menjadi landasan bagi kaum milenial untuk memikirkan suatu perbuatan atau memikir akibat dari perbuatan yang dapat merugikannya.

 IMG 20190214 WA0028 Penyuluhan SMAN 3

IMG 20190214 WA0034 penyuluhan SMAN 3 2

Seminar Kesadaran Hukum Mahasiswa KKPH Angkatan XXVI FH UMI

21 Feb

63
Written by Super User

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

     Salah satu program KKPH (Kuliah Kerja Profesi Hukum) Angkatan ke XXVI FH UMI mengadakan penyuluhan hukum dengan tema “Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Hukum Bagi Masyarakat”. Acara ini dilaksanakan Mahasiswa KKPH Angkatan ke XXVI bersama dengan Pengadilan Negeri Takalar, Polres Takalar, Badan Pertanahan Nasional Takalar, dan Pengadilan Agama Takalar pada kamis (18/02/19) di Gedung PKK Kab. Takalar, guna menyelesaikan program kerja Mahasiswa KKPH Angkatan-XXVI.

     Mahasiswa Peserta KKPH ke-XXVI FH UMI yang di tempatkan di instansi masing masing mempelajari dan mencari tahu apa saja kasus – kasus yang sering di temui di Kab. Takalar. Seperti pada PN Takalar dan Polres takalr kasus Tindak Pidana seperti Narkoba, Pencurian, dan Penganiayaan adalah kasus yang sering di temui di Kab. Takalar. Pernikiahan dini di Pengadilan Agama Takalar, Pendaftaran Tanah di Badan Pertahanan Nasional (BPN) takalar. Mengetahui akan hal tersebut, kami mengadakan penyuluhan dengan mengundang narasumber dari ke- 4 instansi yaitu Pengadilan Negeri Takalar, Polres Takalar, Badan Pertanahan Nasional Takalar dan Pengadilan agama Takalar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum terhadap masyarakat. Adapun rangkaian acara tersebut di isi oleh 4 narasumber dari masing-masing Instansi, Dr.Amirul Faqih Amza, S.H, M.H(Hakim PN Takalar), AKP Agus Triputranta (Kasat Reserse Narkoba Polres Takalar), Muh. Hasim, Lc (Hakim PA Takalar) dan Achmad S, ST, M.H (Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Takalar).

     Terselenggaranya acara ini tidak lain untuk saling mengingatkan, menyalurkan dan berdiskusi mengenai norma norma hukum yang berlaku, juga untuk menanamkan nilai nilai hukum terhadap masyarakat dengan harapan dapat meminimalisir kasus kasus yang sering kita jumpai di Kab. Takalar.

IMG 20190218 WA0037 seminar bersama