OPTIMALISASI LAYANAN PERPUSTAKAAN PADA PENGADILAN NEGERI TAKALAR

06 May

Perpustakaan sebagai institusi informasi dan ilmu pengetahuan memiliki tugas dan peran aktif dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sesuai dengan definisi perpustakaan yaitu institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Pentingnya peranan perpustakaan tersebut dapat dilihat dari keberadaan perpustakaan di hamper setiap lembaga atau instansi pemerintah.

Selengkapnya

Penulis : AMIRAH LAHAYA
Peserta Latihan Dasar CPNS Gol. III Calon Hakim Angkatan XCIII Tahun 2018
 

EFEKTIFITAS PENYEBARLUASAN INFORMASI MELALUI WEBSITE PADA PENGADILAN NEGERI TAKALAR

06 May

            Keterbukaan informasi dalam institusi peradilan adalah sesuatu yang sangat penting dimana hal tersebut merupakan jalan utama menuju peradilan yang modern sebagai capaian dalam reformasi birokrasi menuju peradilan yang agung sebagai capaian puncak. Dengan adanya keterbukaan dari segi proses maupun hasil, maka wujud nyata dari layanan publik sebagai akses terhadap keadilan telah tercapai. Berdasarkan hal tersebut, Penulis tertarik untuk mengkaji issue mengenai pemanfaatan website sebagai sarana penyebarluasan informasi di Pengadilan Negeri Takalar.

Selengkapnya

Penulis : AMALIAH AMINAH PRATIWI TAHIR
Peserta Latihan Dasar CPNS Gol. III Calon Hakim Angkatan XCIV Tahun 2018
 

Optimalisasi Pelayanan Terhadap Pengunjung di Kantor Pengadilan Negeri Takalar Kelas II

06 May

             Dalam cetak biru pembaruan Peradilan 2010-2035 dituangkan usaha-usaha perbaikan untuk mewujudkan badan peradilan Indonesia yang agung, salah satunya adalah berorientasi pada pelayanan publik yang prima. Hakim dan aparatur peradilan yang bernaung dibawah Badan Peradilan dituntut untuk senantiasa meningkatkan dan memperluas wawasan serta keahliannya. Peningkatan kapasitas profesi akan mendorong meningkatnya kualitas penyelenggaraan peradilan dan pelayanan hukum kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan fungsi pendukung manajemen sarana dan prasarana, permasalah yang didapat adalah kemampuan untuk mengelola prasarana dan sarana pengadilan belum memadai sehingga berpengaruh terhadap prestasi kerja hakim dan aparatur peradilan dan kepuasan masyarakat atas kualitas pelayanan pengadilan.

Selengkapnya

Penulis : Firmansyah Amri
Peserta Latihan Dasar CPNS Gol. III Calon Hakim Angkatan XCII Tahun 2018
 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN ORGANISASI, DAN TATA LAKSANA PADA PENGADILAN NEGERI TAKALAR

06 May

Berdasarkan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam  menyatakan bahwa tugas pegawai ASN adalah: melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas dan mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk meningkatkan kinerja Pegawai maka diperlukanlah manajemen kepegawaian dimana manajemen kepegawaian adalah suatu bentuk pegelolaan terkait dengan adaministrasi dalam suatu instansi yang merupakan tugas dari pada bagian kepegawaian dan organisasi tata laksana. Adapun tugas pokok dan fungsi sub bagian kepegawaian, organisasi dan tata laksana yaitu terkait dengan Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan, Pengadaan Pangkat dan jabatan, Pengembangan karier, Pola karier, Promosi, Mutasi, Penilaian kinerja, Penggajian dan tunjangan, Penghargaan, Disiplin, Pemberhentian, Jaminan pensiun dan hari tua, Perlindungan.



Selengkapnya

Penulis : ST. MUFLIHAH RAHMAH
Peserta Latihan Dasar CPNS Gol. III Calon Hakim Angkatan XCIII Tahun 2018